Tahun Baru, Bagaimana dengan Siang dan Malam


(Catatan pribadiku 31/12/2011) Malam Tahun Baru. pertengahan malam nanti langit akan dipenuhi oleh warna-warni kembang api, tanda tahun berganti, bertambah satu angka lebih tinggi. Ya begitu lah sebuah peradaban yang sudah diukir dan dikemas sedemikian menakjubkan.
Tahun baru adalah sebuah peristiwa yang tak habis kupertanyakan. mayoritas penduduk dunia ikut merayakan Tahun baru masehi ini, menghabiskan waktu dijalan kota, pantai, pelabuhan, tempat-tempat wisata dan tempat-tempat hiburan. Namun ada sebagian orang yang memang tidak mau tau dengan tahun baru yang katanya sakral itu.
Beberapa momen indah di Malam Tahun Baru, pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, tak ada yang berubah, hanya ada suatu kerumunan anak muda yang memenuhi sepanjang jalan, berdesak-desakan menyaksikan momen kembang api yang mewarnai langit. Satu malam sejuta peristiwa, ada benarnya istilah itu, mngingat kalau boleh saya katakana malam tahun baru  adalah miniature masyrakat Indonesia,  Indonesia yang hedones dan apatis.
Banyak bahasa yang digunakan, dan sekian tuaian harapan tersusun dalam sebuah kalimat pendek sampai kalimat panjang. Ada berjumlah paragraph, sampai dalam jilid-jilid buku. Intinya sama, yaitu “selamat tahun baru, semoga (bla bla bla). Pertanyaannya apakah hanya di Tahun Baru, dan apakah yang baru. Bukankah tahun itu dengan angka 2011 sangat tua lebih tua dari umur kakekmu.
Perganti Tahun kenapa harus dibesar-besarkan, sama saja toh  dengan pergantian bulan. Lalu bandingkan dengan pergantian siang, dan malam atau malam dan siang. Bukankah itu adalah lebih dari keajaiban. Perhatikan bagaimana Malam menyimpan “Alam”, “Alam” menyimpan harapan dan “Harapan” menyimpan “Malam”.
Kalau kau tidak mampu membaca siang dan malam, perhatikan siang dan malam didalam wujudmu, bila tak ada sesuatu artinya kau lusuh.

Mas Karman Pemimpi, Pejuang, dan Penakhluk.

0 Response to "Tahun Baru, Bagaimana dengan Siang dan Malam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel