Contoh Kata Pengantar Skripsi dan Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membuat Kata Pengantar Kripsi

KATA KARMAN – seperti yang kita pahami, Kata pengantar sendiri sebetulnya posisinya berada di awal – awal halaman yakni setelah cover, daftar isi dll. Intinya kata pengantar masuk dalam lingkup perlengkapan skripsi dan bukan bagian yang esensi.
Kendatipun seringkali teman-teman merasa kesulitan dalam membuat kata pengantar skripsi, dan pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul adalah, apa itu kata pengatar, bagaimana cara menulisnya, apa saja yang haru ditulis, apakah kita bebas berkarya dan menyebutkan semua orang satu kelurahan.
Pada prinsipnya kata pengantar itu memuat suatu bentuk pengahrgaan kita terhadap apapun dan siapapun yang dirasa telah memberikan peran penting dalam menyelesaikan tugas skripsi
berikut saya bagikan contoh beserta tips dan trik membuat kata pengatar skripsi yang baik dan benar. Hal-hal apa saja yang harus ditulis, dan apa saja isinya.
1. PENGHARGAAN KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA
Sebagai manusia yang beragama tentu menjadi suatu hal yang sangat penting bagi anda untuk selalu mengucapkan syukur atas segala daya upaya

2. PENGHARGAAN KEPADA ORANG TUA
Tanpa orang tua, tidak mungkin anda dapat melangkah sampai sejauh ini, secara langsung ataupun tidak langung peran orang tua memberikan pengaruh besar disetiap langkah perjalanan anda.

3. SAHABAT
Sebagai Mahasiswa tentu anda memiliki teman yang tidak terbatas jumlahnya, ada beberapa diantara mereka perannya tidak dapat digambarkan betapa berharganya bantuannya.

4. SEGENAP AKADEMIKA
Pada tahap ini banyak diantara teman-teman melakukan kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat membuat kata pengantar kripsi seperti penyebutan nama awalan dosen apakah dengan/tanpa Bapak / Ibu.

Jadi kita harus dengan bijak menggunakan penyebutan Bapak/ibu Dosen, sekalipun terlihat sepele, namun dapat menunjukkan kematangan kita.
Hal-hal yang perlu dipeerhatikan adalah, gelar daripada dosen itu sendiri, sebagaimana terdapat pada contoh di bawah teman-teman bisa perhatikan;

Dengan awalan ibu/bapak ; Bpk H. Boedi Mustiko, S.H,.M.Hum
Tanpa awalan ibu/bapak : Prof. Dr. Nunuk Nuswardani, SH,. M.H

CONTOH KATA PENGANTAR SKRIPSI

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah yang maha Esa karena atas berkat dan karunianyalah sehingga segala halangan yang penulis hadapi dalam merampungkan skripsi ini dapat penulis hadapi dengan berbesar hati sehingga skripsi ini dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang ditentukan. Skripsi merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa untuk melaksanakan ujian akhir demi mencapai gelar Sarjana Hukum pada bagian  Hukum Pidana Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura. Penulis menyadari bahwa tugas akhir ini bukankah tujuan akhir dari belajar karena belajar adalah sesuatu yang tidak terbatas.

Dalam kesempatan ini, penulis menyampaikan terimakasih yang amat sangat kepada orang tua penulis Ayahanda ……….  dan Ibunda Tercinta …………, atas segala pengorbanan , kasih sayang yang tidak pernah putus dan jeri payahnya selama membesarkan dan mendidik, serta Doanya demi keberhasilan penulis, Teruntuk saudara penulis Abang Sukarman, Mas Anam dan Mas Zainul yang selalu menemani dan memberi semangat, serta seluruh Keluarga Besar atas segala bantuan dan doanya kepada penulis dalam menyelesaikan pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura.

Tak lupa pula kawan Seperjuangan Bambang Tri Wahyudi, dan Riska Dwi yang juga telah merampungkan penulisannya skripsinya secara bersamaan, serta kerabat yang lainnya. Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk Nonkrong bareng menikmati sihitam manis (Kopi). Yang selalu memberi semangat, canda, tawa, dan juga motivasi terhadap penulis.

Mengenai penulisan skripsi ini tidak terlepas dari kekurangan, kendala dan hambatan. Penulisan skripsi ini dapat terselesaikan dengan waktu yang tepat berkat bimbingan, saran, dan bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan yang berkesan ini, penulis ingin menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada yang terhormat :

1. Prof. Dr. Nunuk Nuswardani, SH,. M.H. selaku Dekan Fakultas Hukum.

2. Bpk H. Boedi Mustiko, S.H,.M.Hum Selaku Pembimbing yang telah meluangkan waktu dan tenaganya untuk memberikan bimbingan, bantuan, saran dan kritik bagi penulis.

3. Seluruh Dosen Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura yang dengan ikhlas membagikan ilmunya kepada penulis selama menjalani proses perkuliahan di Fakultas Hukum Universitas Trunojoyo Madura.

4. Bpk Roby Kurniawan Staf Pelayanan Kemahasiswaan, Bpk Catur Praptiwi, S.H. Staf Kepegawaian, Bpk Johan Wahyudi, S.H. Ka.Subbag. Akademik & Kemahasiswaan, Bpk Iswahyudi dan Bpk Misli dan Seluruh staf pegawai akademik Fakultas Hukum UTM yang telah banyak membantu melayani urusan administrasi dan bantuan lainnya selama menuntut ilmu Di Universitas Trunojoyo Madura.

5. Staf perpustakaan Pusat Universitas Trunojoyo Madura dan perpustakaan Fakultas Hukum UTM atas bantuan selama penelitian penulis.

6. Untuk sahabat-sahabat yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Serta satu angkatan dan satu jurusan di Fakultas Hukum UTM, yang selama ini menemani dan memberikan kenangan-kenangan manis selama bangku perkuliahan, bersama penulis dan juga untuk bisa berjuang bersama-sama hingga sampai pada tahap ini.

7. Semua pihak yang telah membantu yang tidak sempat penulis sebutkan satu persatu.

Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan Skripsi Ini, semoga kedepannya penulis bisa lebih baik lagi.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Bangkalan, 03-08-2020

………………..
Mas Karman Pemimpi, Pejuang, dan Penakhluk.

0 Response to "Contoh Kata Pengantar Skripsi dan Kesalahan-Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membuat Kata Pengantar Kripsi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel