PANDUAN LENGKAP DAFTAR PRAKERJA

Laman Resmi www.prakerja.go.id

Apa itu kartu Prakerja, Kartu Prakerja merupakan program pemerintah diperuntukkan bagi setiap Warga Negara Indonesia (WNI), sudah berusia minimal 18 (delapan Belas) Tahun, dan tidak aktif di pendidikan formal.

Lalu kenapa harus mengikuti program prakerja dan apa untungnya?
Jawaban sederhana ini akan membuat teman-teman sulit untuk tidak mendaftarkan diri, apalagi dengan keadaan seperti sekarang yang penuh keterbatasan. 

Siapa sih yang tidak menginginkan kartu prakerja dengan segala kelebihan fasilitas yang disediakan oleh Pemerintah, disamping akan diberikan biaya pelatihan, nantinya juga akan mendapatkan uang insentif.

Biaya pelatihan yang akan diberikan adalah sebesar Rp1.000.000 (satu juta rupiah) yang akan dikirim langsung di masing-masing Kartu Prakerja teman-teman. Sedangkan untuk uang Insentif sebesar Rp.2.400.000 (dua juta empat ratus ribu rupiah) akan di transfer di rekening teman-teman.  

Dan kabar baiknya kartu prakerja akan membuka pendaftaran kembali gelombang ke 4 (empat ) pada tanggal 26 Mei 2020 mendatang.

Jadi mau tunggu apalagi, ayo segara daftarkan diri anda agar dapat merasakan manfaat dari prakerja. Bagi teman-teman yang memenuhi kualifikasi dapat melakukan pendaftaran dengan cara;

Langkah 1
Masuk ke wabsite Prakerja. Kemudian pilih Daftar sekarang

Langkah 2
Email dan Pasword
Pada tahap ini teman-teman akan diminta untuk memasukkan email dan pasword yang nantinya dijadikan akun untuk mengakses  prakerja.
Apabila teman-teman belum memiliki email silahkan terlebih dahulu membuat akun Gmail, namun apabila sudah memiliki email, lanjut ke tahap selanjutnya. Lalu klik Daftar.



Langkah 3
Isi data diri
Pastikan semua data yang diminta diisi lengkap sesuai E-KTP teman-teman, termasuk nomor handpone.

Langkah 4
Tes motivasi kemampuan dasar
Saran saya pada saat mendaftar prakerja agar dipastikan terlebih dahulu jaringan internet teman-teman stabil, karena pada saat melakukan test Motivasi Kemampuan Dasar terdapat beberapa pertanyaan yang berupa gambar sehingga di kwatirkan apabila jaringan internet tidak stabil gambar tidak akan tampil (terjadi crash).

Lalu Kenapa kalau gambar tidak tampil?
Sederhananya begini, kalau teman-teman tidak dapat membaca pertanyaannya, bagaimana teman-teman mau jawab.

Langkah 5
Mendaftarkan Nomor Rekening
Nomor Rekening merupakan syarat yang tidak boleh diabaikan oleh pendaftar Kartu Prakerja, sebab melalui nomor rekening yang teman-teman daftarkan inilah nantinya biaya pelatihan dan uang insentif setiap bulannya akan ditransfer (nomor rekening harus atas nama pendaftar, tidak boleh meminjam rekening milik saudara apalagi nomor rekening tetangga sebab itu akan di tolak dan tidak diterima oleh prakerja)

Bagaimana jika tidak memiliki nomor rekening?

Teman-teman tidak perlu patah semangat, terdapat beberapa pilihan di antaranya menggunakan Bank BNI, atau bisa juga menggunakan E-Wallet, OVO.

Jadi apabila tidak memiliki rekening BNI, teman-teman bisa menggunakan e-wallet OVO  yang bisa langsung download di Playstore, lalu mendaftar dengan menggunakan nomor seluler. (nomor handphone yang di daftarkan di OVO harus sesuai dengan nomor handphone yang didaftarkan di Prakerja, sebagaimana terdapat pada langlah 3 di atas).

Setelah selesai, lanjut ke tahap selanjutnya...


Langkah 6
Konfirmasi email terdaftar
Silahkan chek di kotak masuk email, akan ada permintaan untuk mengkonfirmasi, teman-teman klik saja. 

Langkah 7
Selesai
Setelah semua tahapan sudah dilakukan silahkan teman-teman login ke dashbor prakerja untuk mengikuti tahap validasi dan seleksi.

Pada tahap ini, teman-teman hanya perlu menunggu sampai ada pengumuman.


Bagaimana jika Gagal / TIdak Lolos Seleksi
Lalu bagaimana apabila teman-teman tidak lolos seleksi pada gelombang yang diikuti, apakah  harus mendaftar lagi dari awal, atau seperti apa?

Hal pertama, adalah teman-teman tidak perlu panik sebab prakerkja ini akan diadakan sebanyak 30 gelombang, jadi masih terdapat banyak sekali gelombang yang terbentang di depan mata yang pastinya dapat diikuti teman-teman.

Caranya adalah, Teman-teman tidak perlu mendaftarkan dari awal lagi untuk mengikuti gelombang selanjutnya, cukup masuk ke akun prakerja lalu klik 'Ikuti Gelombang.

Bagaimana jika ternyata tidak ada? jawabannya adalah Gelombang Pendaftaran belum di buka. Maka pada kasus seperti ini teman-teman perlu bersabar untuk menunggu.

Jadi kesimpulannya, teman-teman harus sering-sering membuka akun Prakerja untuk memastikan tidak akan ketinggalan informasi, sebab website prakerja akan selalu melalukan pembaharuan informasi.


Semoga berhasil.




Mas Karman Pemimpi, Pejuang, dan Penakhluk.

0 Response to "PANDUAN LENGKAP DAFTAR PRAKERJA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel